Deutsche Welle

stasiun radio di Jerman

DW atau Deutsche Welle (pengucapan bahasa Jerman: [ˈdɔʏtʃə ˈvɛlə]; "Gelombang Jerman" dalam Bahasa Jerman) dibentuk tahun 1953. DW menyediakan layanan stasiun televisi dan radio Jerman kepada khalayak di Jerman maupun luar Jerman. DW juga menyediakan berita di internet. DW menyiarkan berita dan informasi melalui siaran radio ke dalam tiga puluh bahasa. Sementara layanan televisi satelit terdiri dari saluran dalam bahasa Inggris, Jerman, Spanyol dan Arab. Selain itu DW juga menyediakan layanan situs berita dan informasi online dalam bahasa Albania, Amhar, Arab, Bengali, Bosnia, Bulgaria, Tionghoa, Kroasia, Dari, Inggris, Prancis, Jerman, Hausa, Hindi, Indonesia, Swahili, Makedonia, Pashtun, Persia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Spanyol, Turki, Ukraina dan Urdu.

Deutsche Welle
JenisPenyiaran publik internasional
NegaraJerman
Didirikan30 Mei 1953; 68 tahun lalu (1953-05-30)
MarkasBonn, Jerman
Wilayah siar
Nasional dan internasional
PemilikPemerintah Jerman[1]
AfiliasiWorld Radio Network
Situs resmi
www.dw.com
Dw.com
Jenis situs
Portal
BahasaInggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Albania, Amhar, Arab, Bengali, Bosnia, Bulgaria, Tionghoa, Kroasia, Dari, Yunani, Hausa, Indonesia, Hindi, Swahili, Makedonia, Pashtun, Persia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Turki, Urdu, Ukraina
Wilayah operasiSeluruh dunia
PemilikDeutsche Welle
Situs webwww.dw.com
Peringkat AlexaSteady 671 (Agustus 2021)[2]
KomersialGabungan
Daftar akunOpsional
StatusAktif
Kantor pusat Deutsche Welle di Bonn

Kantor pusat stasiun televisi dan radio ini berada di Bonn, sementara studio utama berada di kota Berlin. Konsep acaranya tidak banyak berbeda dari stasiun televisi lainnya. DW mempekerjakan 3.000 karyawan dan pekerja paruh waktu dari 60 negara yang bekerja di kantor pusat dan studio utama.[3] Menurut DW, jangkauan pemirsa dan pendengar yang mengakses dan menikmati layanannya mencapai 100 juta orang dari seluruh dunia setiap minggunya. Sejak tanggal 30 September 2013 DW dipimpin oleh Peter Limbourg sebagai Direktur Utama lembaga tersebut [4]

ReferensiSunting

  1. ^ Johnson, Ian (21 Agustus 2014). "German Broadcaster Fires Chinese Blogger". The New York Times. Deutsche Welle is owned by the government, much like the British Broadcasting Corporation or the Voice of America. 
  2. ^ "Msn.com Site Info". Alexa Internet. Diakses tanggal 2021-08-15. 
  3. ^ "Profile DW.COM". DW.COM. Diakses tanggal 26 oktober 2015. 
  4. ^ "Director General Peter Limbourg". DW.COM. Diakses tanggal 26 oktober 2015. 

Lihat pulaSunting

Pranala luarSunting