Buka menu utama

Chosun Ilbo (Hangul조선일보Hanja朝鮮日報; bahasa Inggris: Korea Daily) adalah salah satu surat kabar utama di Korea Selatan. Dengan sirkulasi harian lebih dari 1,800,000 eksemplar[1] Chosun Ilbo telah diaudit setiap tahun sejak Biro Audit Sirkulasi didirikan pada tahun 1993.[2] Chosun Ilbo dan anak perusahaannya, Digital Chosun, mengoperasikan situs web baru Chosun.com yang juga memublikasikan versi web surat kabar di Inggris, Tiongkok, dan Jepang.

The Chosun Ilbo
Chosun IIbo Logo.svg Logo dalam bahasa Korea yang ditulis dalam huruf Hanja.
TipeSurat kabar harian
FormatLembar lebar
PemilikChosun Ilbo Co.
RedaksiKim Chang-Kyoon
Didirikan1920
Pandangan politikKonservatif
BahasaKorea
PusatJung-gu, Seoul, Republik Korea
Sirkulasi surat kabar1,800,000+
Situs webwww.chosun.com (situs utama) english.chosun.com (edisi bahasa Inggris)
Nama Korea
Hangeul조선일보
Hanja朝鮮日報
Alih Aksara yang DisempurnakanJoseon Ilbo
McCune–ReischauerChosŏn Ilbo

SejarahSunting

The Chosun Ilbo Establishment Union didirikan pada bulan September 1919, dan perusahaan Chosun Ilbo berdiri pada 5 Maret 1920. Surat kabar ini pernah menuai kritikan, dan terkadang secara langsung bertentangan dengan aksi yang dilakukan oleh pemerintah Jepang sewaktu pemberlakuan aturan selama pendudukan Jepang (1910–1945).

Pada 27 Agustus 1920, Chosun Ilbo dibekukan setelah memublikasikan kolom editorial yang mengkritik pengerahan kekuatan berlebihan oleh polisi Jepang terhadap warga Korea. Ini merupakan yang pertama dari serangkaian pembekuan. Pada 5 September 1920, tiga hari setelah pembekuan pertama dicabut, surat kabar ini memublikasikan editorial "Apakah badan pemerintahan pusat Jepang menutup surat kabar kami?" Kemudian Chosun Ilbo menerima pemberlakuan pembekuan tak terbatas.

Pada bulan Juni 1923, Chosun Ilbo merayakan seperseribu masalah. Harian ini telah mencapai beberapa tonggak, termasuk menjadi surat kabar pertama yang terbit pagi sekaligus terbit sore, mengirimkan koresponden-koresponden internasional ke Russia, dan memublikasikan kartun. Tetapi pada bulan yang sama, surat kabar ini menerima pembekuan ketiga yang berlaku tak terbatas oleh pemerintah Jepang karena salah satu editorialnya melawan peraturan Jepang.

Pada tahun 1927, editor dan penerbit Chosun Ilbo ditangkap. Editor yang juga merangkap sebagai ketua staf penulis. Pelanggaran yang dituduhkan dalam kasus ini adalah sebuah editorial yang menjelaskan tentang penganiayaan para tahanan oleh pemerintah kolonial.

Pada bulan Mei, tahun itu juga, dalam rangka menanggapi sebuah editorial yang mengkritisi tentang pengiriman pasukan ke Shandong, surat kabar itu kembali dibekukan untuk kali keempat - dalam kasus ini, pembekuan berlaku selama 133 hari. Penerbit dan kepala staf penulis, An Jae-hong, kembali dipenjara.

Setelah peristiwa-peristiwa tersebut, Chosun Ilbo tetap berada di garis depan dari banyak peristiwa, mencoba untuk meningkatkan kehidupan masyarakat umum dan mensponsori acara kolaboratif. Ini merupakan sebuah periode turbulensi, selama kurun waktu tiga tahun, presiden berganti sebanyak tiga kali. Pada tanggal 21 Desember 1935, dalam rangka menentang kebijakan Jepang soal pendidikan wajib dan rencana mengasimilasi rakyat korea dan bahasa, Chosun Ilbo menyebarkan 100,000 buku teks berbahasa Korea ke seluruh penjuru negeri.

Selama beberapa tahun, perusahaan Chosun Ilbo juga memublikasikan terbitan tambahan judul, termasuk majalah bulanan peristiwa terkini, Youth Chosun, yang pertama di Korea. Yang lain termasuk majalah perempuan, Jogwang.

Pada musim panas tahun 1940, menyusul maasalah 6,923, surat kabar ini mendeklarasikan secara resmi dihentikan oleh pemerintah Jepang yang sedang berkuasa. Selama dua puluh tahun sejak didirikan, surat kabar ini telah dibekukan oleh pemerintah Jepang selama empat kali, dan isu-isu yang menyita perhatian berjumlah lebih dari lima ratus kali sebelum 1932. Ketika Korea meraih kemerdekaan pada tahun 1945, Chosun Ilbo kembali terbit setelah lima tahun, tiga bulan mengalami kekosongan.

Anak perusahaanSunting

Di samping surat kabar harian, perusahaan ini juga menerbitkan mingguan Jugan Chosun, bulanan Wolgan Chosun serta surat kabar dan majalah lainnya. Anak perusahaan itu antara lain Digital Chosun, Wolgan Chosun, Edu-Chosun, dan ChosunBiz.

KritikSunting

Instruktur populer dari The Educational Broadcasting System, Choi Tae-seong (최태성) menggugat seorang reporter Chosun Ilbo karena memublikasikan sebuah artikel yang memfitnahnya sebagai pendukung Korea Utara.[3]

Lihat pulaSunting

ReferensiSunting

  1. ^ Chosun Iilbo http://english.chosun.com/site/data/html_dir/2010/11/30/2010113001011.html
  2. ^ "The Asia-Pacific Perceptions Project". National Centre for Research on Europe. Christchurch, New Zealand: University of Canterbury. 
  3. ^ Lee Hui-jin (이희진) (11 August 2011). "EBS 강사, 명예훼손 혐의로 조선일베 기자 고소". Nocut News (dalam bahasa Korean). Diakses tanggal 17 September 2011. 

Pranala luarSunting