Buka menu utama

Heti Világgazdaság (berarti "Ekonomi Dunia Mingguan")[1] atau HVG adalah majalah mingguan yang diterbitkan dalam bahasa Hongaria[2][3] economic[4] dengan kantor pusat di kota Budapest.[5]

Heti Világgazdaság
KategoriMajalah bisnis
FrekuensiMingguan
Didirikan1979; 40 tahun lalu (1979)
PerusahaanHVG Kiadó Zrt.
NegaraHongaria
BahasaBahasa Hongaria dan Inggris
Situs webwww.hvg.hu Heti Világgazdaság

Majalah ini didirikan pada tahun 1979.[6] Gaya dan isinya terinspirasi dari majalah The Economist.[7][8] Pada masa transisi dari komunisme menjadi demokrasi, majalah ini berperan penting dalam mencetuskan gagasan-gagasan baru.[9] Pada saat yang sama, majalah ini juga menjadi majalah investigasi.[10] Salah satu skandal yang dibongkar oleh majalah ini adalah skandal plagiarisme oleh Wakil Perdana Menteri Hongaria dan ketua partai KDNP, Zsolt Semjén.

Pada tahun 2004, sirkulasi mingguan majalah ini mencapai 140.000 salinan,[9] dengan jumlah pembaca yang melebihi 500.000.[7]

Catatan kakiSunting

  1. ^ Neal Bedford; Lisa Dunford (2009). Hungary. Lonely Planet. hlm. 44. ISBN 978-1-74104-694-6. Diakses tanggal 20 February 2014. 
  2. ^ "World Newspapers and Magazines - Hungary". Worldpress. Diakses tanggal 10 May 2008. 
  3. ^ "Hungary Reform Adjusts to Realities". TIME. 5 October 1987. Diakses tanggal 10 May 2008. 
  4. ^ Thomas L. Friedman (10 May 2006). "The Post-Post-Cold War". The New York Times. Diakses tanggal 10 May 2008. 
  5. ^ Deirdre Carmody (17 June 1991). "The media business; East Europe's Press Still Beckoning". The New York Times]. Diakses tanggal 10 May 2008. 
  6. ^ Everete E. Dennis; Jon Vanden Heuvel (October 1990). "Emerging Voices: East European Media in Transition. A Gannett Foundation Report" (Report). Ganet Foundation. Diakses tanggal 28 November 2014. 
  7. ^ a b "Why Big Media Guns Are Tracking HVG". Businessweek. 2 April 2002. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 May 2011. Diakses tanggal 20 January 2009. 
  8. ^ Rita M. Csapo-Sweet; Ildiko Kaposi (Spring 1999). "Mass Media in Post-Communist Hungary". International Communications Bulletin. 34 (1-2). Diakses tanggal 27 December 2014. 
  9. ^ a b "The press in Hungary". BBC News. 29 April 2004. Diakses tanggal 10 May 2008. 
  10. ^ Balazs Sipos (2013). "Bias, partisanship, journalistic norms and ethical problems in the contemporary Hungarian political media" (PDF). Central European Journal of Communication. 7 (1). Diakses tanggal 28 January 2015. 

Pranala luarSunting