Buka menu utama
Al Jazeera English
Aljazeeralogo.jpg
Slogan SETTING THE NEWS AGENDA
Metode Penyiaran Televisi, Broadband dan Satelit
Pusat Penyiaran Qatar
Pusat Pemberitaan Doha, Kuala Lumpur, London, dan Washington DC
Cakupan Siaran Internasional
Pemilik Al Jazeera Satellite Network
Direktur Nigel Parsons
Ketua Editor Ahmad Al-Sheikh
Tanggal berdiri 15 November 2006
Situs Resmi english.aljazeera.net

Al Jazeera English (atau Al Jazeera International) adalah sebuah stasiun televisi berita internasional yang dimiliki oleh Al Jazeera Satellite Network. Al Jazeera merupakan stasiun kembar dari Al Jazeera (yang berbahasa Arab)

Al Jazeera English menyajikan berita, analisis, dokumenter, debat langsung, isu terkini, bisnis, dan olahraga. Al Jazeera English bermarkas di empat kota, yaitu Doha, Kuala Lumpur, London, dan Washington, DC. Pusat komando stasiun ini diputar empat kali setiap harinya, "mengikuti matahari". Saluran televisi ini juga memiliki tujuan mempersembahkan sudut pandang global dalam bahasa Inggris, namun tanpa disertai sudut pandang Inggris-Amerika.[1]

Al Jazeera English adalah saluran berita internasional terbesar ketiga setelah BBC World dan CNN International.[2] Sebagian besar rekaman acara Al Jazeera English juga dimuat dan dapat disaksikan secara gratis di YouTube.[1]

Daftar isi

SejarahSunting

Pencetusan IdeSunting

Gagasan untuk membuat Al Jazeera English dimulai pada tahun 2003. Dengan misi untuk memberikan sebuah saluran berita yang menyediakan informasi teraktual dan tercepat.

Kemudian Al Jazeera Satellite Network mengumumkan rencana peluncuran Al Jazeera International pada bulan Oktober 2005.

Rencananya, Al Jazeera International akan diluncurkan pada bulan Juli 2006. Tetapi diundur selama 4 bulan, karena Al Jazeera International ingin mengadaptasi salurannya dengan HDTV.

Kemudian, sehari sebelum peluncuran nama Al Jazeera International diganti menjadi Al Jazeera English.

 
Shiulie Ghosh dan Sami Zeidan membawakan acara pertama sejak Al Jazeera english diluncurkan

Dan akhirnya pada tanggal 15 November 2005 pukul 12.00 GMT, Al Jazeera English resmi diluncurkan ke depan 80 juta pemirsa di seluruh dunia.

Detik - detik peluncuran Al Jazeera EnglishSunting

Beberapa Jam sebelum peluncuran, Al Jazeera English menampilkan hitung mundur waktu peluncuran. Kemudian, semenit sebelum acara pertama dari Al Jazeera English, ditampilkan preface dari berita - berita selama Al Jazeera Arab Mengudara (1996-2006). 40 detik kemudian, logo Al Jazeera English ditampilkan. Sesaat kemudian, Sami Zeidan dan Shiulie Ghosh menyampaikan kata pembukaan acara 10 detik sebelum Al Jazeera English diluncurkan. Dan tepat pada pukul 12.00 GMT Opening theme dan title card dari World News Doha ditampilkan, sekaligus menandai telah resminya saluran berita Al Jazeera English.

Pusat PemberitaanSunting

 
Pusat Ruang Berita Doha

Al Jazeera English mempunyai "Newsroom" atau Pusat Pemberitaan di empat tempat di seluruh dunia, yaitu:

  • Newsroom / Ruang Berita Doha, juga sebagai Kantor Pusat Internasional, Timur Tengah dan Afrika
  • Newsroom / Ruang Berita London, juga sebagai Kantor Pusat Eropa

Penyiar Berita Al Jazeera EnglishSunting

Penyiar Berita DohaSunting

 
Title Card dari World News Doha

Penyiar Berita Kuala LumpurSunting

 
Title Card dari World News Kuala Lumpur

Penyiar Berita LondonSunting

 
Title Card dari World News London

Penyiar Berita Washington DCSunting

 
Title Card dari World News Washington

Penyiar LainSunting

KorespondenSunting

Kepala BiroSunting

  • Kepala Biro Pusat Doha: Nigel Parsons
  • Kepala Biro Peliputan Afrika: Andrew Simmons
  • Kepala Biro Kuala Lumpur: Trish Carter
  • Kepala Biro Peliputan India: Anmol Saxena
  • Kepala Biro London: Sue Phillips
  • Kepala Biro Peliputan Moskow: Olga Stukalova
  • Kepala Biro Amerika: Will Stebbins

Pranala luarSunting

ReferensiSunting

  1. ^ Al Jazeera's (Global) Mission, Fast Company, by Linda Tischler, published April 2006
  2. ^ Al Jazeera English (YouTube online video by GOOD Magazine)
    The Editors: A new channel arrives (BBC News blog), by Richard Porter, published 15 November 2006
    BBC World dropped by Israeli satellite TV, The Guardian, by Tara Conlan, published 13 December 2006